Modifikasi Kopling (Clutch) Peugeot 306 N5

Salam Peugeot!!

Ada sedikit kisah yang baru saja kami alami sewaktu mudik lebaran 1440 H kemarin. Tentunya, ini pengalaman saya sekeluarga bersama Peugeot 306 N5 kelahiran tahun 1997. Mungkin pengalaman tersebut kurang mengenakkan bagi kami, namun kami yakin bahwa setiap kejadian pasti menyimpan makna, begitupula dengan peristiwa saat itu. Alhamdulillah, insiden tersebut terjadi saat kami masih di sekitaran Jatinangor – Cikuda, sehingga masih sangat dekat dengan rumah kami di kota Bandung yang berjarak kurang lebih tiga perempat jam saja.

Menurut pendapat saya, Mobil Peugeot 306 N5 ini merupakan mobil yang kompak dari segi ukuran namun memiliki tenaga yang cukup besar dengan mesin empat silinder berkapasitas 1800cc. Dari segi kemasan (baca: model) pun, mobil Peugeot 306 N5 ini masih cukup menawan dan tidak ketinggalan jaman. Ada kesan feminim pada mobil ini, sehingga kerap mencuri perhatian banyak orang. Kursi dan interior lain di dalam kabin telah didesain dengan cukup ergonomis, sehingga kami (terutama driver) tidak terlalu capek apalagi sakit di badan saat menempuh perjalanan jauh. Kursi belakang Peugeot 306 N5 juga memiliki sandaran lengan sehingga akan menambah kenyamanan saat berkendara dan tentunya Peugeot 306 N5 ini juga memiliki ruang bagasi yang cukup besar sehingga kami leluasa membawa koper dan barang bawaan lainnya. Walaupun masuk kategori mobil tua, Peugeot 306 N5 ini pernah kami pacu sampai 140 Km/jam dan sejatinya masih bisa naik lagi kecepatannya hanya saja kami takut mengemudikannya karena jalanan yang tidak ideal seperti bergelombang ataupun berlubang. Kami kerap menjumpainya meskipun sudah di jalan TOL. Saya pribadi lebih suka memacu Peugeot 306 N5 di jalanan menanjak sebagai uji banding dengan mobil-mobil keluaran yang lebih baru, dan hasilnya Peugeot 306 N5 ini masih cukup tangguh!! Di jalanan menanjak saja, kami masih bisa mendahului kendaraan lain walaupun harus zig-zag sana sini bahkan sampai ambil bahu jalan ๐Ÿ˜€ Tentunya masih banyak kelebihan lainnya dari Peugeot 306 N5 ini.

Namun dari kelebihan yang ada tersebut, mobil Peugeot 306 N5 ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti kasus mesin yang kebanyakan overheat, kaki-kaki (arm, ball joint, tie rod dan long tie rod serta torsi belakang), shock absorber atau suspensi kap mesin dan bagasi. Kemudian yang kami alami kemarin adalah putusnya kabel kopling (clutch) sebagai akibat beban blok kopling yang dikenal berat pada Peugeot 306 N5. Semoga tidak ada para pugers yang mengalami hal ini. Saya hanya bisa menyarankan para pugers, khususnya yang mengendarai Peugeot 306 N5 ini sebaiknya memberi perhatian khusus pada bagian kopling Peugeot 306 N5. Karena mobil ini sudah berumur, sehingga banyak part yang mungkin lebih baik diganti sebelum failure.

Oke, to the point saja. Bagian mana sih yang failure??

Kopling mobil Peugeot 306 N5 ini terkenal berat, saya rasa hal ini sudah lumrah buat para pugers. Nah, sudah tahu berat nih, kenapa pihak produsen Peugeot 306 N5 ini menggunakan bagian plastik sebagai join/penghubung antara kabel kopling Peugeot 306 N5 ini ke pedal kopling?? Tentu saja sudah jelas, bagian join plastik tersebut pasti akan kalah (failure). Hal ini sudah dapat dipastikan dan hanya tinggal nunggu waktu saja. Kurang lebih begini penampakan bagian yang saya maksudkan tadi. Kondisi seperti menuntun saya untuk melakukan modifikasi kopling pada Peugeot 306 N6 yang kami miliki.

Part atau onderdil di atas berfungsi menghubungkan kepala kabel kopling Peugeot 306 N5 ini dengan pedal kopling. Terlihat selain bagian plastik yang pecah, bagian penguncinya juga patah. Hal ini memang sebagai akibat beban tarikan kopling Peugeot 306 N5 yang cukup berat. Apalagi kalau jalanan macet, pasti injak kopling berkali-kali. Sebagai pertolongan pertama pada saat insiden terjadi, kami mengikatkan kepala kabel kopling Peugeot 306 N5 tersebut ke pedal kopling dengan menggunakan kawat beton ๐Ÿ˜€ Kami saat itu benar-benar tidak punya pilihan, toko-toko onderdil yang kami kontak sudah tutup karena sudah H-2 lebaran, relasi bengkel dan onderdil copotan yang kami kenal juga tidak selalu memiliki part tersebut. Pilihannya saat itu cuma dua, yaitu derek gendong atau diakali dengan kawat beton. Kami pilih opsi kedua, berikut penampakan hasil kreativitas empat pahlawan tak dikenal yang dengan tulus membantu kami pada saat itu. Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza.ย Semoga Allah swt membalas kebaikan kalian dengan sebaik-baiknya balasan kebaikan…

Hasil kreativitas tersebut berhasil mengantarkan mobil Peugeot 306 N5 kami pulang ke garasi rumah tanpa “digendong” ๐Ÿ˜€ Alhamdulillah. Kemudian keesokan harinya (H-1) saya cek lagi pengkawatannya untuk memastikan mudik atau tidak. Saat itu bengkel dan toko onderdil Peugeot 306 N5 sudah tidak ada yang buka. Setelah ditinjau kembali, hasil pertolongan pertama pada putus kopling Peugeot 306 N5 ini cukup lumayan, sehingga akhirnya kami memutuskan untuk pulang kampung alias jadi mudik! Walhasil, kami sekeluarga bisa pulang mudik dengan selamat tanpa kendala lainnya. Alhamdulillahi rabbil alamin

Selang seminggu pasca mudik tersebut, saya mencoba mendesain sebuah komponen pengganti untuk bagian join plastik tersebut. Singkatnya, saya berusaha melakukan modifikasi kopling Peugeot 306 N5 yang saya miliki dengan harapan mobil Peugeot 306 N5 ini bisa menjadi lebih tangguh daripada sebelumnya. Modifikasi kopling Peugeot 306 N5 ini bertujuan untuk menghindari penggunaan komponen baru (apalagi komponen copotan berumur) yang berbahan plastik, rasanya seperti boom waktu saja. Modifikasi kopling Peugeot 306 N5 ini akan mengurangi resiko failure pada titik yang sama. Berikut sketsa komponen untuk modifikasi kopling Peugeot 306 N5 yang dibuat, mudah-mudahan berhasil… aamiin yra…

Komponen modifikasi kopling Peugeot 306 N5 tersebut masih berupa rancangan di atas kertas. Saya sudah coba lukiskan lengkap dengan dimensi dalam satuan mm (milimeter). Langkah berikutnya tinggal mencari bengkel bubut yang bias membuatnya. Desain modifikasi kopling Peugeot 306 N5 tersebut saya shared dengan maksud semoga bisa bermanfaat untuk para pugers yang lain. Nanti setelah komponen modifikasi kopling Peugeot 306 N5 tersebut berhasil direalisasikan, gambar nya akan saya upload lagi. Baik berupa fisik komponen hasil desain tersebut maupun instalasi untuk modifikasi kopling Peugeot 306 N5 nya, insya alloh

Modifikasi kopling Peugeot 306 N5

Setelah menunggu sekitar seminggu, akhirnya komponen hasil desain untuk modifikasi bagian join kabel kopling dengan pedal kopling selesai! Kata empunya, komponen tersebut dibuat dengan bahan baja alumunium, jadi ringan tapi kuat. Mudah-mudahan kuat untuk Peugeot 306 N5. Awalnya mau pakai penutup, cuma akhirnya cukup dibaut saja kelihatannya. Komponen tersebut sudah dipertebal bagian sisi sampingnya, sehingga mudah-mudahan lebih kuat dan awet dipakai… aamiin… Begini penampakan komponen hasil modifikasi tersebut. Dari segi dimensi (khususnya panjang) kelihatannya sama, sehingga mudah-mudahan plug and play dah! Untuk foto komponen ter-install bisa melihat pada foto berikut. Mantap !!

crop_install

 

 

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: