Halo semua para pugers,,

Sekedar mau sharing tentang Alarm pada Peugeot 306 N5. Peugeot 306 N5 kelahiran 1997 ini buat saya cukup nyaman,, kerasa bedanya ama yang keluaran negeri “matahari terbit” hehe,, (maaf, untuk tahun kelahiran yang sama lho ya… biar bandingannya apple to apple).

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba pasang modul remote alarm buat Peugeot 306 N5 saya, namun entah kenapa failure alias remote kunci asli bawaan yang Infra Red (IR) dan modul remote alarmnya terkadang fungsi tapi juga terkadang tidak. Sebetulnya di mobil ini sudah ada Infra Red receiver + key fob nya, hanya saja kalau mau buka central lock harus diarahkan dekat-dekat dengan receiver IR nya. Maklum Peugeot 306 N5 ini sudah berumur, yang namanya komponen elektronik pasti juga akan usang dan harus diganti.

IMG_20180825_215145_resize

Akan tetapi saya cukup senang bisa merawat Peugeot 306 N5 ini, pasalnya mobil Peugeot 306 N5 ini masih enak dipake dan ukuran body tergolong minimalis dengan kapasitas mesin yang cukup bertenaga.. ups! ngelantur..

Kembali lagi soal Peugeot 306 N5 dan modul remote alarm,,
Kurang lebih begini ceritanya, Peugeot 306 N5 dibawa ke bengkel pinggir jalan.. awalnya cuma pengen benerin power window Peugeot 306 N5 nya saja, tapi ternyata si montir pandai sekali merayu dan menawarkan pemasangan modul remote alarm tadi,, katanya Peugeot 306 N5 ini uda ga jalan sistem alarm nya, jadi dinilai kurang safe… Tapi bapak tenang saja, kita biasa pasang alarm buat Peugeot 306 N5 kok pa, tegas nya.

Akhirnya saya menuruti saran-saran dari bang montir, dan dipasanglah alarm buat Peugeot 306 N5 ini. Setelah semua kabel tersambung, tinggal kabel buat central lock Peugeot 306 N5 yang tersisa… proses pemasangan bagian ini cukup rumit, sampai-sampai panel pintu Peugeot 306 N5 harus dibuka.. trus dicek kabelnya satu-satu.. katanya mau nyari kabel yang ke motor central lock Peugeot 306 N5. Setelah setengah jam berlalu mereka akhirnya menemukan juga kabel central lock Peugeot 306 N5 yang dimaksud. Kemudian mereka menghubungkan kabel-kabel tersebut dari alarm ke kabel central lock pintu driver Peugeot 306 N5. Setelah semua tersambung – eeehh,, ternyata ga bisa difungsikan!! alias FAILURE!!

Mereka cek ricek lagi semua kabel Peugeot 306 N5 saya… Jujur aja, lumayan luama juga pasangnya… Wal hasil central lock Peugeot 306 N5 saya bisa diaktifkan manual dari pintu sisi kanan depan cuman pas pake alarm tetep aja ga bisa. Trus karena bingung, si abang montir ini menambahkan motor central lock ke Peugeot 306 N5 saya, jadi di kopel secara mekanik dan ditanam di pintu kanan depan Peugeot 306 N5 saya… Kebayang sih apa yang ada dipikiran si abang montir ini… dan akhirnya selesai juga proses pemasangannya… Waktu itu sih, semuanya berjalan normal.. selang beberapa hari central lock nya mulai macet.. (dan bikin kesel)

Akhirnya pas liburan, saya bongkar sendiri si Peugeot 306 N5 ini… Saya cek lagi semua kabel / wiring yang nempel di Peugeot 306 N5… Karena sebel sama modifikasi bang montir kemarin, motor tambahan untuk central lock yang di pasang di Peugeot 306 N5 saya, akhir nya saya copot saja.. Biarin saja alarm / remote nya ngga bisa ngunci Peugeot 306 N5 nya… toh saya masih bisa ngunci pake kunci manual…
Setelah ditelisik lebih dalam, akhir nya ketahuan juga penyebab Peugeot 306 N5 saya tidak bisa di sambungin dengan central lock yang dari modul remote alarm.. akhirnya saya elus – elus tuh Peugeot 306 N5 sambil mikir,, gimana yaa???

eng ing eng…

Saya modif sedikit rangkaian kelistrikan dengan sebuah modul tambahan hasil buatan tangan sendiri, khusus ku persembahkan untuk Peugeot 306 N5 kesayangan saya… dan hehe… dan it’s work!! Sekarang Peugeot 306 N5 saya sudah bisa di lock dari central lock bawaan dan central lock dari modul remote alarm,, makyuss deh Peugeot 306 N5 saya…
Barangkali ada pembaca yang perlu modul central lock tambahan tadi untuk Peugeot 306 N5, kontak aja,, nanti bisa saya buatin,,

Berhubung cukup banyak pembaca yang menanyakan perihal ini pada saya maka saya akan coba uraikan bagaimana modifikasi ini dilakukan. mudah-mudahan bermanfaat buat para pugers sekalian. Gambar berikut ini adalah diagram skematik untuk rangkaian central lock dari doorlock sampai bootlock (bagasi).

CentralLock_Sch
(sumber : Haynes Manual Peugeot 306 N5)

Perhatikan kode modul yang saya lingkari merah. Kode 77 adalah receiver IR (bawaan mobil), kode 75 adalah modul central lock yang ada di kursi penumpang sisi kanan (belakang driver). Jalur merah dan jalur biru semua terhubung ke aktuator (motor) central lock di pintu depan kanan – kiri, pintu belakang kanan – kiri dan bagasi. Perhatikan kode nya dan lihat keterangan. Jalur merah atau biru secara normal (normally) terhubung dengan GROUND, sehingga untuk tutup atau buka kunci (lock or unlock) tinggal memberikan 12VDC pada salah satu jalur merah atau biru. Kebayangkan??

Setiap kabel di mobil Peugeot 306 N5 memiliki nomor kode, cocokkan!! atau kalau setiap seri mobil punya kode berbeda yaa… mau tidak mau Anda cari sendiri, karena modulnya kurang lebih sama. Ada nomor kode yang saya beri simbol bintang, nah disitulah letak modifikasinya… yang perlu anda lakukan adalah menambahkan rangkaian relay yang digerakkan oleh modul remote alarm tambahan, dimana modul ini apabila aktif akan memberikan 12VDC pada jalur merah atau biru pada gambar di atas. Simple bukan?? cara ini lebih paten dan ampuh untuk memfungsikan kunci Infra Red bawaan dan remote alarm tambahan, sehingga Anda akan bisa membuka/mengunci mobil Peugeot 306 N5 ini dengan 2 cara tadi.

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil…

(based on true story)