Celotehanku

General Purpose Data Logger

Data Logger atau Data AQuisition Board (DAQ) memang merupakan sebuah piranti yang sangat membantu dalam pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan pencatatan data. Data logger banyak sekali digunakan dalam penelitian – penelitian baik dari pihak akademisi, maupun institusi swasta dan pemerintah. Data logger sangat membantu karena dapat bekerja secara otomatis untuk mencatat data dalam siklus periode yang kita tetapkan. Bayangkan saja bila kita mencatatnya secara manual, tentunya akan sangat mengikat pencatatnya. Apalagi bila periode pencatatan relatif singkat/pendek. Belum lagi bila lokasi pencatatan terjadi di beberapa tempat secara bersamaan.

Data logger DL1000A ini mampu mencatat data setiap 1 menit sekali. Sebagai contoh DL1000A ini mampu untuk dikomunikasikan dengan barometer DPI740 (lihat spec DPI740) untuk membaca data tekanan dalam periode tertentu, kemudian data tersebut akan disimpan dalam SD Card (mikro SD Card) atau MMC. Data logger DL1000A ini juga memiliki built in Time Clock – yang berupa RTC (Real Time Clock). Sehingga dengan sendirinya akan dapat mengetahui waktu dan tanggal pencatatan.

Selain merekam data serial dari RS232 yang dihubungkan dengan data logger ini, data logger ini juga merekam data analog melalui ADC (Analog to Digital Converter) dengan lebar data 10 bits. Sampling ADC dilakukan setiap 20 ms sekali. Sehingga dengan adanya 8 channel ADC 10 bits ini akan membuat data logger DL1000A ini menjadi lebih fleksibel dalam aplikasinya. Output dari data logger DL1000A ini adalah berupa file berformat *.txt yang kompatibel dengan komputer. Hal ini akan sangat memudahkan di sisi pengguna, karena file dengan format *.txt dapat dibaca dengan program aplikasi seperti notepad atau text editor lain maupun dengan microsoft excel.

Fitur yang dimiliki oleh data logger DL1000A ini antara lain :

  1. 8 Channel ADC 10 bits untuk membaca data analog 0 ~ 5 volt.
  2. RTC sebagai internal clocking.
  3. MMC atau SD Card (mikro SD Card) sebagai mini hardisk (storage) ~ 1 GByte.
  4. Kompatible Graphic LCD 128×64 dan Keypad 4×4.
  5. Serial Communication dengan IC Max232 dan RS232 Straight Cable for PC.
  6. Serta 12 volt input untuk power supply.

Data Logger DL1000A ini juga dapat digunakan sebagai modul latihan / kits dalam ber-eksperimen serta dapat dikembangkan untuk sistem yang lebih kompleks lagi.

1 Komentar »

  1. kalo mau PM dimana yaa???

    Komentar oleh defi setiawati — Desember 9, 2013 @ 6:23 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: