Celotehanku

DT-HiQ ISP Cable

Buat Anda yang pernah menggunakan DT-HiQ ISP Cable dari Innovative Electronics, pernahkah mencoba menggunakan kabel ISP programmer tersebut dengan rangkaian Anda yang lain?? Beberapa hari terakhir ini saya mencoba meggunakannya untuk rangkaian Sistim Minimum saya yang baru, ternyata tidak compatible!!! Padahal keluarga mikrokontroler yang saya gunakan masih sama, yaitu ATMEL kemudian interface yang digunakan juga sama-sama SPI (Serial Peripheral Interface), trus kenapa ya??

Karena penasara saya coba membuka rangkaian dalam kabel ISP tersebut, malangnya si-pembuat menghapus kode IC yang mereka gunakan?? wedew.. Saya membeli jadi rangkaian sistim minimum ini, sehingga saya tidak mengetahui schematic dari rangkaian yang saya beli.. pokoknya waktu itu tinggal pakai saja haha…

Kalau IC nya “di kerik”  (baca: dihapus) begitu siapa yang bisa menerka? jenis IC dengan 20 pins kan macamnya banyak.. tapi untungnya banyak orang yang mau sharing di internet ini, dan akhirnya saya menemukan rangkaian berikut, klik disini. Dari rangkaian ini kemudian saya berusaha menelusuri rangkaian kabel ISP milik DT-HiQ ini dan akhir nya… COMPATIBLE!! it’s work now…

untuk dapat menggunakan kabel ISP DT-HiQ ini compatible dengan semua rangkaian ATMEL (pada umumnya) maka diperlukan sebuah rankaian tambahan berupa rangkaian RC (filter). Ternyata rangkaian filter kabel ISP ini di letakan pada rangkaian Sistim Minimum (Board yang berwarna hijau), ya telak saja kabel ISP DT-HiQ ini tidak bisa digunakan secara langsung dengan rangkaian Sistim Minimum yang lain, secara rankaian kabel ISP DT-HiQ ini akan menjadi tidak lengkap (tanpa filter). Nah dalam rangkaian Sistim Minumum yang kita buat ini maka kita harus menambahkan rangkaian RC filter.

Itu sebabnya dalam rangkaian saya (dengan menggunakan Project Board diatas), saya menggunakan rangkaian tambahan ini. Filter RC ini memiliki kalkulasi tersendiri dan yang harus diingat bahwa frekuensi cut off dari filter sebaiknya mendekati 4.8 MHz. Berikut adalah cara menghitung nilai R dan C yang digunakan, klik disini..

Semoga Bermanfaat…

Iklan

1 Komentar »

  1. terima kasih. atas informasinya..
    sangat berguna sekali bagi saya..
    tentunya bagi yang seneng Pemrograman..

    Komentar oleh al bisi — Agustus 3, 2010 @ 4:57 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: