Start-Stop Push Button Engine pada Peugeot 306 N5

Salam para pugers

Pada kisah kali ini, saya ingin berbagi tentang modifikasi Peugeot 306 N5 saya. Semua kisah yang saya ceritakan pada blog pribadi ini adalah asli berdasarkan pengalaman yang pernah saya lalui alias based on true story. Anggap saja sebagai upaya berbagi pengalaman terkait Peugeot 306 N5 ini. Peugeot 306 N5 ini merupakan mobil yang cukup baik buat saya, meskipun diproduksi pada tahun 1997 (milik saya) namun dari segi bentuk body, Peugeot 306 N5 ini masih pantes berada di garasi rumah.

Oke, kita langsung aja ke pokok ceritanya… Mobil-mobil keluaran sekarang tentunya telah memiliki sistem immobilizer dan beberapa darinya telah menerapkan sistem keyless alias tanpa kunci kontak! lho?! terus buat ngidupin mesin pake apa? Mereka menyediakan sebuah tombol push-button untuk start dan stop mesin mobil. Canggih ya!

Ternyata kita bisa lho mengadopsi sistem canggih tersebut dan menerapkannya pada Peugeot 306 N5. Alhamdulillah saya sudah mencobanya pada Peugeot 306 N5 saya dan hasilnya mantap!! sekarang Peugeot 306 N5 saya kalo nyalakan dan matikan pakai tombol 😀 😆 😆 😀 🙂 . Lengkap dengan immobilizer sebagai fitur tambahan dari modul push-button tadi. Bahkan saya bisa menghidupkan mesin Peugeot 306 N5 saya dari jarak jauh via remote alarm yang memang sudah terpasang sebelumnya. Jadi dua modul tambahan yang bisa saling “bekerja sama”. Kurang lebih begini penampakan Peugeot 306 N5 saya sekarang. Ini kondisi mesin Peugeot 306 N5 nya menyala (tombol menyala warna hijau), kalau kondisi mesin mati maka tombolnya berwarna biru.

Nah, tentunya Anda sekarang pasti bertanya “Bagaimana menerapkan sistem tersebut pada Peugeot 306 N5??” Jawabannya, sangat mudah! sistem modul tambahan tersebut bersifat universal dan dapat diterapkan pada mobil manapun termasuk Peugeot 306 N5. Jadi Anda tidak perlu khawatir, kunci nya adalah Anda harus berhasil dengan modul remote alarm untuk central lock Peugeot 306 N5 terlebih dahulu atau sistem push-button ini tidak akan berfungsi maksimal. Karena menyalakan mesin mobil Peugeot 306 N5 dari jarak jauh memerlukan remote alarm ini.

Modul push-button start stop engine ini memerlukan informasi terkait kondisi mobil Peugeot 306 N5 kita. Nah, menurut Anda kira-kira informasi apa saja yang diperlukan?? Yup! ada 4 informasi masukan terkait kondisi mobil Peugeot 306 N5Keempat sinyal informasi dari Peugeot 306 N5 tersebut adalah sinyal lock-unlock dari setiap pintu, directoin light (lampu sein), brake light (lampu rem) dan sinyal oil path detection sebagai penanda starter mesin berhasil. Sinyal central lock pada Peugeot 306 N5 sudah jelas, lampu sein dan lampu rem apalagi… namun untuk sinyal oil path detection nya disambungin kemana?? Mengingat oil path detection hanya ada di mobil-mobil matik, maka untuk kasus mobil Peugeot 306 N5 sinyal ini dapat diambil dari sinyal tegangan alternator (tegangan pengisian aki pada saat mesin mobil Peugeot 306 N5 hidup). Mudah-mudahan sampai disini sudah terbayang bagaimana menerapkan modul push-button start stop engine ini ke Peugeot 306 N5. Sampai disini modul remote kunci bawaan asli yang menggunakan Infra Red (IR) pada Peugeot 306 N5 masih dapat dipergunakan, hanya saja jangkauan remote tersebut harus dekat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: