Jangan main “jumper” di Peugeot 306 N5

Salam para pugers

Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman tentang merawat Peugeot 306 N5 saya yang notabene sudah berumur… Merawat mobil Peugeot 306 N5 yang masuk kategori mobil tua memang memerlukan kesabaran ekstra, bagaimana tidak? Sudah jelas semua komponen yang terpasang pada Peugeot 306 N5 ini telah digunakan sejak tahun lahirnya hingga saat ini dan tentunya akan mengalami ke-aus-an (atau usang). Kita sebagai pemilik dituntut untuk dapat mengetahui bagian mana saja dari Peugeot 306 N5 ini yang memang harus di ganti sekarang juga dan bagian mana dari Peugeot 306 N5 yang masih bisa ditunda penggantiannya.

Oke, sekarang kita akan kembali ke topik permasalahn tentang Peugeot 306 N5. Banyak cara yang dapat kita upayakan agar Peugeot 306 N5 kita tetap lincah di jalanan dan kita pun nyaman mengendarainya, antara lain bergabung di forum-forum atau club terkait Peugeot 306 N5, memperluas jaringan relasi terkait penjualan spare-part Peugeot 306 N5, bengkel langganan yang menangani mobil khusus Peugeot 306 N5,  dan yang tidak kalah penting adalah faktor Anda… Ya! kamu… artinya kamu harus mengenali mobil Peugeot 306 N5 milikmu sendiri.

Secara garis besar, Peugeot 306 N5 bisa dibagi menjadi beberapa bagian seperti blok engine; transmisi; steering, suspensi dan braking system; Air Conditioner (AC); serta yang tidak kalah penting adalah kelistrikan (wiring). Dari semua cabang tersebut, rasanya semuanya termasuk pekerjaan “berat” jadi saya sarankan lebih baik dengan montir yang handal (bengkel langganan) Anda. Namun untuk kelistrikan (wiring diagrams), buat saya agak lebih ringan untuk dipelajari (otodidak) daripada bagian yang lain tadi dan kita pun dapat memeriksanya sendiri di rumah.

Meskipun kelistrikan Peugeot 306 N5 di state lebih ringan, bukan berarti mudah ya! Perlu kehati-hatian dalam mengerjakannya. Warna kabel bukan sesuatu hal yang utama untuk Peugeot 306 N5, melainkan kode angka yang tertulis pada kabel merupakan kunci pada saat men-trace. Mengerjakan kelistrikan Peugeot 306 N5 memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi, pekerjaan ini tidak bisa diburu-buru.

Waktu pertama kali saya mendapatkan Peugeot 306 N5, banyak sekali problem kelistrikan yang muncul. Mulai dari fuse AC yang selalu putus, central lock yang hanya berfungsi sebelah hingga masalah power window yang tidak berfungsi. Masalah overheat pun pernah mengalami karena modul ECU bitron (extra fan) yang rusak karena kerendem air waktu menerjang banjir. Maklum, dulu saya ngga tahu posisi ECU bitron tersebut ada di balik bumper kiri depan.

Saya perbaiki masalah kelistrikan Peugeot 306 N5 tersebut di bengkel dengan biaya untuk jasa yang lumayan. Hari itu sih seperti sudah berfungsi normal, namun baru 3 atau 4 hari sudah error lagi dan bikin kesal. Mau tidak mau harus kembali lagi ke bengkel hingga berkali-kali… Sampai-sampai saya berfikir kalau begini terus, repot juga nih.

Akhirnya pas ada waktu liburan, saya cek sendiri kelistrikan di Peugeot 306 N5 saya. Dan… gila jumper nya banyak banget!! Power window kiri depan di jumper dari kanan langsung tidak lewat harness connector yang hitam bulet di pintu. Power window kanan depan pun sama ada jumper yang dibungkus isolasi hitam waktu itu. Sontak seketika itu saya cabutin saja semua kabel-kabel jumper yang ada di Peugeot 306 N5 saya. Setelah semua kabel jumper di Peugeot 306 N5 itu dibersihkan, lalu dilakukan uji fungsi panel-panel yang ada. Akan tetapi power window Peugeot 306 N5 tadi tidak berfungsi sama sekali.

Langkah yang saya ambil pada Peugeot 306 N5 tersebut adalah membersihkan harness connector yang berbentuk bulat di kanan dan di kiri pintu depan mobil Peugeot 306 N5. Waktu itu saya sampai lepas pintu depan kanan dan kiri Peugeot 306 N5 dengan maksud supaya mudah dalam membersihkan pin-pin yang ada di dalam harness connector tadi. Dengan menggunakan cutter dan WD40, saya membersihkan pin satu persatu, lalu memasangkan kembali pintu-pintu mobil Peugeot 306 N5 yang saya lepas tadi. Setelah itu saya terkejut pada saat melakukan uji fungsi, semua berfungsi normal!! dan tanpa jumper satupun!!

Masalah yang tersisa pada Peugeot 306 N5 saya saat itu adalah fuse AC yang kerap kali putus dan tape mobil Peugeot 306 N5 yang masih tetap menyala walaupun kunci kontak sudah dicabut. Saat itu saya sudah “menyerah” karena tidak tahu lagi harus berbuat apa. Tiba-tiba terbesit untuk mencari informasi terkait fusebox yang berisi 30 fuse di bawah setir. Setelah itu saya cocokan setiap nilai fuse yang aktual terpasang dengan gambar. Sumber informasi saya peroleh di www.peugeotlogic.com. Akhirnya mobil Peugeot 306 N5 saya rasanya seperti normal kembali, Alhamdulillah…

Satu respons untuk “Jangan main “jumper” di Peugeot 306 N5

Add yours

  1. Terima kasih byk pengalamannya Mas, peugeot saya juga N5 punya masalah yg sama power window depan kiri kanan ada jin nya tiba2 normal tiba mati.
    Saya mau perikasa socket hitam di pintu juga.
    Peugeot saya kebetulan semua kabelnya masih ori blm ada jumper2 dan sekring sdh saya sesuaikan semua ukurannya dgn buku.
    Sekarammg saya ada masalah dgn instrument cluster tdk nyala semua.
    Mau cari diagram kabelnya yg lengkap bgmn caranya ya?

    Terima kasih,
    Raja. I
    Cibubur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: